BERANI MENCOBA PANTANG MENYERAH

SM-18

Berani mencoba pada hakikatnya adalah keberanian vang ada di dalam diri, tidak takut untuk mencoba hal baru vang akan dilakukan. Selama hal tersebut baik dan tidak membawa dampak buruk, maka wajib untuk mencobanya. Setiap insan yang terlahir memiliki cita-cita dan semangat juang yang ada di dalam diri mereka masing-masing. Tinggal bagaimana cara mereka mengeksplore diri untuk menjadi lebih baik kedepannya. Termasuk menumbuhkan rasa percaya diri untuk mencoba hal baru.

Seperti tantangan baru dari dalam diri, Allah SWT telah merencanakan segala sesuatu kepada hamba-hambaNya apabila mau mencoba, berusaha dan berdoa. “Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubah atas apa yang ada di dalam diri mereka. (QS. Ar-Ra’d: 11)

Allah SWT tidak akan mengubah suatu keadaan apabila tidak ada usaha dari manusia tersebut untuk mengubahnya. Berani mencoba adalah salah satu kunci untuk bisa mengubah keadaan menjadi lebih baik. Jangan pernah takut untuk berani mencoba, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi apabila kita tidak berani mencoba.

Kisah orang-orang sukses yang ada di sekitar tidak terlepas dari kata ‘berani mencoba’ dan meyakinkan diri bahwa kita bisa. Tentu segala sesuatu kembali lagi kepada Allah SWT. Karena sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Selebihnya juga akan memberikan jalan kemudahan menuju kesuksesan itu sendiri.

Sebagai pribadi muslim, Rasulullah SAW adalah contoh tauladan bagi pengikutnya. Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang berani mencoba, pejuang nan tangguh serta tidak mudah berputus asa. Maka dari itu, sebagai muslim manusia harus bisa menerapkan keberanian Rasullulah SAW untuk berani. Berani dalam mencoba hal baru atau dalam menghadapi tantangan baru.

Seorang penulis saja tidak akan pernah tahu jika kelak akan menjadi sosok penulis terkenal apabila ia tidak berani mencoba untuk menulis dan mengirimkan tulisannya ke percetakan hingga akhirnya bukunya diterima dan dicetak bereksemplar-eksemplar. Begitu pula dengan pengusaha, ia tidak akan pernah tahu akan menjadi pengusaha sukses apabila tidak ada tindakan untuk berani mencoba.

Tidak hanya sekedar kemauan untuk berani mencoba saja yang harus besar, akan tetapi niat dan tekad yang ada di dalam diri juga harus kuat. Selain itu harus disertai sifat pantang menyerah dan tidak mudah berputus asa. Jika kita bisa melakukan semuanya sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, maka Dia akan membantu hamba-hambaNya yang mau berusaha.

Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk mencoba. Karena sesungguhnya mau berusaha dan berupaya maka akan diberikan jalan kemudahan dari Allah SWT. Selagi kita pantang menyerah dan berjiwa optimis, maka segala sesuatu akan terasa ringan untuk dilewati.

Akan tetapi rasa takut yang sering menghalangi tiap tindakan yang akan dilakukan. Takut gagal, takut nantinya akan mengecewakan, takut tidak berhasil, dan masih banyak lagi ketakutan-ketakutan lain yang menghalangi seseorang untuk sukses. Padahal keberanian dalam diri harus ditanamkan untuk hidup yang lebih baik.

Karena setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan. Entah itu dalam hal pekerjaan, atau dalam perkara lain. Namun, apabila kita terus-terusan tidak percaya diri, maka kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan menjadi pemenang. Ibarat jika Allah SWT sudah menakdirkan kita sukses di garis ke 7 sedangkan di garis 6 kita sudah menyerah, maka kita tidak akan pernah menjumpai kesuksesan tersebut.

Sebab itu sebagai muslim, kita harus bisa menerapkan rasa percaya diri dan yakin atas apa yang dilakukan. Berani mencoba hal baru tidak akan membawa dampak buruk, selagi kita berusaha dalam jalan kebaikan dan berusaha semaksimal mungkin. Jangan pernah lelah berdoa dan untuk hasilnya serahkan saja kepada Allah SWT.

(Sumber: Majalah Sahabat Peduli Dan Mandiri Edisi 16 April 2016/Hal 14-15)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *